Minggu, Februari 25, 2024

Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Buka Seleksi Qira’atil Kutub ke-3 Tingkat Kabupaten

Orinews.id|Kota Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Muhammad Iswanto SSTP MM yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Sulaimi M.Si. membuka secara resmi seleksi Qira’atil Kutub (SQK) ke-3 tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar, di Gedung Dekranasda, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu (20/05/2023).

Dalam sambutannya, Sulaimi menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar ia menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan seleksi Qira’atil Kutub ke-3 tingkat Kabupaten tahun 2023. “Tentunya ini akan menjadi motivasi dan semangat bagi para santri untuk belajar ilmu agama, khususnya mempelajari kitab kuning,” ujarnya

Menurutnya, kitab kuning menyampaikan literatur keilmuan islam yang merupakan warisan khazanah intelektual yang sangat kaya ilmu pengetahuan. “Bukan hanya persoalan kehidupan beragama yang dibahas di dalam kitab, namun hampir semua aspek ilmu dipelajari dalam kitab kuning. Oleh karena itu, mari kita lestarikan minat belajar kitab kuning ini,” pintanya.

Di bagian lain, Sulaimi berharap kepada seluruh peserta untuk berkompetisi secara sehat, saling menjaga dan saling menghormati terhadap yang berhasil meraih juara maupun yang belum berhasil.

“Karena, seleksi Qira’atil Kutub ini merupakan ajang untuk meningkatkan prestasi dan bersilahturrahmi, selain itu, tentunya dalam rangka mensyiarkan agama islam,” ungkap Sulaimi.

Disamping itu, kepada para Dewan Hakim agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas serta keadilan sehingga melahirkan keputusan yang tepat. “Kami harapkan, berikan nilai yang terbaik sesuai kemampuan yang dimiliki oleh peserta, sehingga nantinya, pada saat peserta mengikuti seleksi ditingkat Provinsi bisa bersaing dan bersanding dengan seluruh peserta dari Kabupaten lain. Karena, kita mengharapkan Kabupaten Aceh Besar terus berkembang dan maju terutama di bidang pendidikan dayah maupun pendidikan lainnya,” pungkasnya.

KUKUHKAN DEWAN HAKIM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM yang diwakili Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi mengukuhkan dewan hakim SQK tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023 di Gedung Dekranasda, Gampong Gani, Ingin Jaya, Aceh Besar.|FOTO: Ist.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Dayah Aceh Besar sekaligus ketua Panitia Tgk. Adi Dharma S.Pd. M.Pd. mengatakan, pelaksanaan seleksi Qira’atil Kutub akan berlangsung selama dua hari. “Insya Allah, seleksi dimulai sejak hari ini dan besok kita rencana pelaksanaan seleksi ini bisa langsung dilaksanakan penutupan,” katanya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan seleksi ini diikuti oleh santri dayah dan pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Besar sebayak 90 peserta yang tediri dari 55 peserta putra dan 35 peserta putri.

“Nanti para peserta akan diseleksi dalam lima cabang yaitu Cabang Tauhid, Cabang Nahwu, Cabang Ushul Fiqh, Cabang Tafsir dan Cabang Akhlaq. Kemudian InsyaAllah, hasil dari seleksi ini akan menjadi utusan atau perwakilan dari Kabupaten Aceh Besar yang akan bersaing di tingkat Provinsi Aceh pada bulan Juni mendatang,” tutupnya.

Acara itu turut dihadiri Ketua MPU Aceh Besar, Para Asisten Setdakab Aceh Besar, Kakankemenag Aceh Besar, Kepala Dinas Syariat Islam, Sekertaris Dinas Pendidikan Aceh Besar, Ketua HUDA, Ketua RTA, Camat Ingin Jaya, Para Dewan Hakim SQK dan peserta SQK.[*]

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER