Minggu, Februari 25, 2024

TRH: Milenial Jadi Pemicu Kemajuan Bangsa dan Ujung Tombang Pembangunan Nasional

Orinews.id|Banda Aceh – Kaum milenial merupakan generasi yang identik dengan kemampuan dan semangat yang tinggi, serta memiliki pengetahuan yang luas dalam mengembangkan dan meningkatkan petensi diri, terlebih dengan penetrasi dan pengembangan teknologi digital di Indonesia membuat milenial semakin mendominasi dan agresif dalam eksistensi kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPR-RI, Teuku Riefky Harsya (TRH) saat mengisi kegiatan Seminar Merajut Nusantara dengan tema “Pikir dan Praktik Teknologi Digital Ala Milenial” yang diselenggarakan secara online dan offline di Aula Hotel Grand Aceh Syariah, 13 Maret 2023.

Dijelaskan generasi milenial merupakan masyarakat sosial yang melek, cakap dan adaptif pada teknologi. Generasi yang suka memanfaatkan teknologi untuk mempertugas segala aktivitasnya.

TRH menyebutkan, berdasarkan data terkini dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), kelompok milenial merupakan kelompok usia dengan penetrasi internet tertinggi yaitu mencapai 98%.

“Sehingga dengan kreativitas dan kepercayaan diri yang tinggi, tak jarang milenial mampu menghasilkan inovasi inovasi dan karya baru yang membanggakan kita semua,” ujarnya

Bahkan, kata TRH, kaum milenial sering melahirkan ide ide menarik dan berkarakter mampu menghadirkan kerja kerja yang sangat produktif.

“Di sisi lain, fenomena ini juga harus dibarengi dengan kebijaksanaan dalam perilaku khususnya dalam memanfaatkan teknologi,” tutur TRH.

Milenial sebagai generasi yang sangat konsumtif, generasi milenial menggunakan internet untuk melakukan segala jenis transaksi mulai dari transportasi, membeli makanan, jalan-jalan, hingga berbelanja pakaian dan kebutuhan sehari-hari, sehingga sering tidak terkontrol dan akhirnya menjadi berlebihan.

“Inilah yang sering menjadi permasalahan dimana konsumsi mengalahkan produktivitas. Namun, berbagai tantangan ini tak lantas menjeneralisir perilaku milenial,” kata Anggota DPR-RI asal Aceh itu.

Perilaku dasar milenial yang berpengetahuan luas dan penuh percaya diri jika mampu disikapi dengan baik, pasti akan mampu menjadi energi baru perubahan Indonesia.

“Dengan jumlahnya yang signifikan, milenial diharapkan mampu menjadi pemicu kemajuan bangsa, dan menjadi unjung tombak pembangunan nasional,” pungkas Sekjen DPP Partai Demokrat itu.

|Reporter: Awan
|Editor: Munara

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER