Kamis, Februari 22, 2024

Timsel Panwaslih Aceh Bakal Buka Pendaftaran Khusus Perempuan

Orinews.id|Banda Aceh – Pendaftaran calon komisioner Panwaslih Aceh ditutup pada Selasa, 28 Februari 2023, pukul 23.59. Antusiasme pendaftar untuk menjadi komisioner lembaga pengawas Pemilu itu semakin signifikan menjelang masa penutupan pendaftaran.

Dari tujuh hari masa pendaftaran akhirnya terkumpul berkas 153 berkas lamaran yang terdiri dari 119 pelamar laki-laki dan 34 pelamar perempuan.

Ketua Tim Seleksi, Teuku Kemal Fasya mengatakan, bahwa ada ketimpangan antara pendaftar laki-laki dan perempuan.

“Mungkin publik masih melihat bahwa menjadi komisioner Panwaslih adalah urusan laki-laki, padahal kenyataannya Aceh menjadi penyumbang representasi tertinggi keterwakilan perempuan secara nasional,” ungkapnya.

Atas dasar itu Timsel akan mempertimbangkan membuka kembali pendaftaran khusus perempuan yang akan dilakukan pada 6 Maret 2023.

“Kita akan memaksimalkan kerja beberapa hari ini untuk menemui kantong-kantong gerakan perempuan untuk mendaftar. Sehingga nantinya kita mendapatkan representasi komisioner yang bukan hanya baik secara kinerja, tapi juga sensitif gender,” ungkap Kemal yang juga dosen Antropologi FISIP Universitas Malikussaleh menutup pembicaraan. []

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER