Minggu, Februari 25, 2024

PT SBA dan Departemen Biologi FMIPA USK Gelar Workshop Quarry Day 2023

Orinews.id|Banda Aceh – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) bekerja sama dengan Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala (FMIPA USK) menggelar rangkaian workshop Quarry Day 2023 dengan tema “Tambang yang Kita Mau”.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang praktik pertambangan yang baik, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Workshop ini berlangsung di Ruang Mini Teater FMIPA USK pada Senin, 27 November 2023. Acara ini diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa, organisasi kemahasiswaan, dan dosen dari Departemen Biologi FMIPA USK.

Dalam sambutannya, OHS Manager PT SBA, Abdul Khalim, mengatakan, Quarry Day adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh perusahaan. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PT SBA dalam menjaga kelestarian lingkungan serta mewujudkan tambang berkelanjutan (sustainable mining).

“Selain workshop, kami juga melakukan berbagai kegiatan lain seperti training, sharing session, penanaman pohon mangrove, dan pelepasan bibit ikan di Sungai Krueng Raba. Kami ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang implementasi good mining practice dan operation excellence kepada karyawan, kontraktor, civitas akademika, mahasiswa, siswa SMA, dan masyarakat sekitar tambang yang berada pada Ring 1 PT SBA,” ujar Khalim.

Khalim menambahkan, workshop ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta mengenai regulasi perundang-undangan yang mengatur sektor pertambangan, implementasi kaidah teknik pertambangan yang baik (Good Mining Practice/GMP), pengelolaan lahan bekas tambang dan reklamasi, implementasi norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja (K3), pengelolaan aspek lingkungan perusahaan dan area sekitar perusahaan, serta program pemberdayaan masyarakat (PPM) dan kebermanfaatannya bagi masyarakat sekitar area perusahaan.

Sementara itu, Wakil Dekan 1 FMIPA USK, Dr. Nasrullah, S.Si., M.Si., M.Sc, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa untuk bisa mengetahui dunia kerja dan berharap mahasiswa dari Fakultas MIPA bisa diterima KKP, penelitian, serta MBKM. MBKM adalah kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada awal tahun 2020.

“MBKM merupakan model pembelajaran yang efektif untuk mendorong mahasiswa agar mampu menguasai berbagai keilmuan yang sesuai kebutuhan dunia kerja,” kata Nasrullah.

Pada penutupan acara workshop tersebut, PT SBA menyerahkan bantuan 10 unit tong sampah yang diterima langsung oleh Ketua Departemen Biologi FMIPA USK, Prof. Dr. Lenni Fitri, S.Si, M.P. Ia juga berharap kedepan semakin banyak industri yang mau melaksanakan kunjungan ke USK khususnya FMIPA.

|Editor: Awan

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER