Kamis, Februari 22, 2024

Pj Bupati Aceh Tamiang Serahkan Donasi Rp400 Juta untuk Korban Gempa Turki

Orinews.id|Banda Aceh – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang, DR. Drs. Meurah Budiman, SH, MH menyerahkan bantuan sebesar Rp400 juta dari Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang untuk korban musibah gempa yang melanda Turki.

Bantuan kemanusiaan ini diserahkan Pj Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas di kantor BPBA.

“Donasi untuk korban gempa Turki ini dihimpun dalam rentang waktu beberapa pekan. Alhamdulillah, di hari yang baik ini, kami serahkan donasi gempa Turki yang berasal dari jajaran Pemkab Aceh Tamiang dan seluruh rakyat Aceh Tamiang yang telah berkontribusi menghimpun donasi untuk korban gempa Turki,” ujar Pj Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman di Banda Aceh, Jumat (24/3/2023).

Meurah Budiman menjelaskan bantuan yang dihimpun tersebut berasal dari jajaran dewan guru se-Aceh Tamiang, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan dan masyarakat Aceh Tamiang. Ia berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat meringankan beban masyarakat Turki yang tertimpa musibah gempa bumi.

“Terima kasih untuk seluruh aparatur Pemkab dan masyarakat Aceh Tamiang atas keikhlasan memberikan bantuan kemanusiaan korban gempa Turki, semoga bermanfaat bagi para korban gempa di Turki, kepada para donatur diberikan nilai pahala dan digantikan dengan rezeki yang tidak disangka-sangka oleh Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamien,” ujar Meurah Budiman.

Lebih lanjut Meurah mengatakan aksi penggalangan dana ini merupakan tindak lanjut arahan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki. Melalui surat itu, Achmad Marzuki mengingatkan kalau pemerintah dan masyarakat Turki telah ikut beperan dalam membantu rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pasca-gempa dan tsunami 2004.

Sementara itu, Kalak BPBA, Ilyas menyatakan rasa terima kasihnya kepada Pemkab dan masyarakat Aceh Tamiang yang telah mendonasikan dana Rp400 juta untuk korban musibah gempa Turki.

“Alhamdulillah, Pemkab Aceh Tamiang sangat luar biasa. Mudah mudahan pemkab dan pemkot lainnya di Aceh mengikuti jejak Aceh Tamiang. Terima kasih kepada Pak Pj Bupati yang telah menyerahkan donasi pada hari ini” katanya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD), korban tewas akibat dua gempa besar bermagnitudo 7,7 dan 7,6 itu bertambah menjadi 42.310 orang. []

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER