Minggu, Februari 25, 2024

Masyarakat Aceh Selatan Diminta Tertib Lalu Lintas

Orinews.id|Tapaktuan – Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan 2023 di Lapangan Apel Polres Aceh Selatan, Selasa, 7 Februari 2023.

Operasi Keselamatan Seulawah 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari, yaitu 7-20 Februari 2023.

Nova Suryandaru menyampaikan, dalam mengatasi permasalahan di bidang lalu lintas yang begitu kompleks itu tidak mudah dan tidak hanya pihak kepolisian atau lalu lintas yang mengatasinya, tapi butuh sinergisitas dengan pihak terkait.

“Tujuan operasi adalah meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran berlalu lintas,” kata Nova Suryandaru, membacakan amanat Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar.

Ia melanjutkan, operasi ini diprioritaskan untuk kegiatan pendidikan masyarakat terkait lalu lintas untuk mewujudkan rasa tertib berlalu lintas secara permanen yang mampu menciptakan situasi Kamseltibcarlantas yang aman, tertib, dan lancar.

ÔÇťAdapun cara bertindak dalam operasi ini adalah deteksi dini, lidi, dan Pam. Kemudian Melaksanakan penyuluhan dan bimbingan kepada masyarakat, melaksanakan patroli dan penjagaan, menindak pelangggar lalu lintas dengan etle statis dan mobile, serta e-tilang,” lanjutnya.

Selain itu, dalam menindak pelanggaran berlalu lintas yang berpotensi meninggal dunia seperti pelanggaran balap liar dan berkecepatan tinggi, dalam keadaan mabuk atau setelah miras, melawan arus, berboncengan dengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm standar SNI, menggunakan HP saat berkendara, serta pengendara di bawah umur.

Nova Suryandaru juga meminta masyarakat, khususnya di Aceh Selatan untuk patuh dan tertib berlalu lintas. Karena ketertiban dalam berlalu lintas adalah faktor utama mengurangi angka kecelakaan.

Apel gelar pasukan tersebut melibatkan personel dari Polres Aceh Selatan, Kodim 0107 Aceh Selatan, Dinas Perhubungan, serta Satpol PP.

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER