Minggu, Februari 25, 2024

Dinkes Aceh Besar Minta Puskesmas Berinovasi Sosialisasikan Bahaya Polio

Orinews.id|Jantho – Untuk mencapai target imunisasi Polio di Aceh Besar, Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta Puskesmas untuk lebih inovatif dan edukatif dalam mensosialisasikan pentingnya imunisasi Polio.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Neli Ulfiati SKM MPH di Kota Jantho, Kamis 2 Februari 2023.

“Kita harus lebih inovatif dan edukatif dalam sosialisasi,” ujar Neli.

Ia mengatakan telah menyampaikan hal tersebut kepada seluruh Kepala Puskesmas dalam pertemuan persiapan Sub PIN Polio putaran kedua yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Krueng Barona Jaya.

“Kita sedang melakukan persiapan untuk Sub PIN Polio putaran ke-2, mudah-mudahan bisa mencapai target nasional 92%,” harapnya.

Untuk itu, tambah neli, perlu dilakukan langkah-langkah yang lebih efektif dalam mensosialisasikannya lebih terperinci dan tepat sasaran terkait penyakit polio ini agar orang tua dan masyarakat luas lebih tahu dan paham tentang bahaya polio untuk anak-anak.

“Maka perlu kita perkuat kembali petugas dan tim sosialisasi,” katanya.

Ia pun mengajak seluruh elemen baik di puskesmas, organisasi profesi hingga pemerintah kabupaten untuk berperan aktif di putaran kedua sehingga mencapai cakupan untuk menjaga penerus bangsa kelak.

“Ini bukan saja tugas petugas kesehatan, namun harus menjadi kepentingan bersama untuk menjaga penerus masa depan,” imbuhnya.

Neli juga mengapresiasi seluruh tenaga kesehatan yang sudah berpartisipasi dalam menyukseskan Sub PIN Polio Putaran Pertama.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes dr. Eddy Purwanto juga mengatakan banyaknya kendala saat putaran pertama menjadi salah satu acuan ke depan untuk terus proaktif menciptakan ide yang efektif untuk menyukseskan putaran kedua.

“Dari kendala sebelumnya ini bisa jadi pengalaman bagi kita agar putaran kedua dapat menentukan langkah yang tepat,” ujar dr. Eddy.

|Media Center

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER