Kamis, Februari 22, 2024

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Pesisir Aceh

Orinews.id|Banda Aceh – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan himbauan untuk waspada karena sejumlah wilayah pesisir di Indonesia, terutama Aceh, berpotensi terjadinya gelombang tinggi tanggal 24 April 2023, hingga tiga hari ke depan.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim
Eko Prasetyo dalam keterangannya di Sidoarjo, Senin mengatakan gelombang tinggi di perairan Indonesia mempengaruhi keamanan aktivitas di wilayah pesisir khususnya aktivitas pariwisata pesisir pantai.

“Tinggi gelombang di sepanjang pesisir pantai barat Pulau Sumatera, pesisir pantai Selat Sunda, serta pesisir pantai selatan Pulau Jawa hingga Bali – Lombok – Pulau Sumbawa dan NTT berkisar antara 2 hingga 3 meter,” ujarnya.

Ia mengatakan, ketinggian gelombang alun atau swell berkisar antara 1.25 sampai dengan 2.5 meter.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di pesisir Selat Sunda hingga perairan selatan Banten serta Jawa Barat, dan Perairan Pulau Sabu hingga Kupang – Pulau Rote,” ucapnya.

Ia mengatakan, tinggi gelombang 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Kepulauan Simeulue-Pulau Nias.

“Kemudian di Perairan Barat Kepulauan Simeulue hingga Pulau Nias, Perairan Utara Kepulauan Anambas, Perairan Utara dan Barat Pulau Siberut, Perairan Barat Pulau Pagai-Pulau Sipora,” ujarnya.

Selain itu, kata dia juga berpotensi terjadi di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten, Perairan Sukabumi-Cianjur, Perairan Garut-Pangandaran, Perairan Cilacap

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER