TERBARU

NasionalNews

Susunan Kabinet Prabowo-Gibran Beredar, Teuku Riefky Harsya Menteri Pariwisata

image_pdfimage_print

ORINEWS.id – Menjelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, pembahasan mengenai susunan kabinet yang akan membantu keduanya memimpin pemerintahan semakin hangat. Sejumlah nama calon menteri mulai beredar, seiring dengan spekulasi posisi-posisi penting dalam kabinet mendatang.

Berdasarkan poster yang beredar, setidaknya ada 25 posisi kementerian dan lembaga yang telah disebutkan. Dari daftar tersebut, empat posisi diisi oleh kader Partai Gerindra. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, disebut sebagai calon kuat untuk menduduki jabatan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Selain itu, nama Sugiono muncul sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu), Fadli Zon sebagai Menteri Kebudayaan, dan Thomas Djiwandono sebagai Menteri Keuangan (Menkeu).

ADVERTISEMENTS
PT PEMA - PELANTIKAN ANGGOTA DPRA

Di luar kader Gerindra, sejumlah tokoh lain yang disebut-sebut akan masuk kabinet adalah Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Pratikno sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Budi Gunawan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.

Tokoh lain yang juga diperkirakan masuk dalam susunan kabinet ini adalah Yusril Ihza Mahendra sebagai Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM, Erick Thohir sebagai Menteri Investasi dan Hilirisasi, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur, serta Sjafrie Sjamsoeddin sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Sementara itu, Rosan Roeslani diprediksi menjadi Kepala Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dengan Darmawan Prasodjo sebagai Wakil Menteri ESDM. Teuku Riefky Harsya disebut sebagai Menteri Pariwisata, dan Raffi Ahmad muncul dalam daftar sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

BACA JUGA
2.719 Mahasiswa Calon Pengusaha dari Aceh-Papua Ikut Seleksi Pertamuda 2023
ADVERTISEMENTS
ACEH BESAR - HARI KESAKTIAN PANCASILA

Selain itu, Ali Berawi disebut sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), dengan Eko Patrio sebagai Wakil Menteri Perdagangan.

Untuk bidang kesehatan, nama Budi Gunadi Sadikin kembali disebut sebagai Menteri Kesehatan (Menkes), sementara Meutya Hafid diproyeksikan menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Arif Satria muncul sebagai Mendikti Ristek, Susi Pudjiastuti kembali diusulkan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), serta Grace Natalie sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Meski begitu, nama-nama ini masih berupa spekulasi dan belum ada pengumuman resmi mengenai susunan kabinet dari Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.[]

ADVERTISEMENTS
DPRA - MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Artikel Terkait

Load More Posts Loading...No more posts.