Gol Tunggal Rano Jutati Bawa Jawa Timur Juara Sepak Bola PON XXI

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

ORINEWS.id – Tim Jawa Timur sukses keluar sebagai juara cabang olahraga sepak bola putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Dalam laga final yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (18/9/2024) malam, Jawa Timur menundukkan Jawa Barat dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal Jawa Timur tercipta melalui titik penalti pada menit ke-72. Eksekutor penalti, Rano Jutati Karenano, berhasil memanfaatkan peluang tersebut setelah wasit menganggap kiper Jawa Barat melakukan pelanggaran terhadap pemain Jawa Timur di dalam kotak penalti.

Pertandingan berlangsung sengit sejak awal. Kedua tim saling jual beli serangan dan bermain dengan intensitas tinggi di babak pertama. Meski demikian, skuad Jawa Timur tampak lebih agresif dalam menyerang. Anak asuh Fakhri Husaini itu beberapa kali melancarkan serangan balik yang cukup membahayakan pertahanan Jawa Barat.

Situasi berubah pada menit ke-64 ketika Jawa Barat harus bermain dengan sepuluh pemain. Abdan Hanif diusir keluar lapangan oleh wasit Yance setelah menerima kartu kuning kedua. Kondisi ini dimanfaatkan oleh Jawa Timur untuk semakin menguasai jalannya laga.

Namun, drama belum berakhir. Menjelang berakhirnya pertandingan, tepatnya pada menit ke-90, Jawa Timur juga kehilangan salah satu pemain kuncinya. Wifi Pratama diusir wasit setelah menerima kartu merah. Meski demikian, Jawa Timur berhasil mempertahankan keunggulan hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan ini mengantarkan Jawa Timur meraih medali emas PON XXI Aceh-Sumut 2024, sekaligus mengakhiri puasa gelar selama 16 tahun. Terakhir kali Jawa Timur meraih medali emas sepak bola putra PON pada tahun 2008 di Kalimantan Timur.

Di sisi lain, Jawa Barat harus puas dengan medali perak, sementara tuan rumah Aceh berhasil merebut medali perunggu setelah mengalahkan Kalimantan Selatan dengan skor 2-1. []