TERBARU

Aceh

DKP Dorong Nelayan Aceh Jaga Kualitas Ikan Demi Harga Jual

image_pdfimage_print

ORINEWS.IDBanda Aceh – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman mendorong para nelayan untuk menjaga kualitas dan kesegaran ikan yang mereka tangkap.

Menurutnya, kualitas dan kesegaran yang terjaga akan mempengaruhi harga jual ikan di pasaran.

ADVERTISEMENTS
PT PEMA - PELANTIKAN ANGGOTA DPRA

“Salah satu penyebab menurunnya kualitas ikan hasil tangkapan adalah kurang baiknya penanganan ikan diatas kapal,” kata Aliman, dalam Pelatihan Penanganan Ikan bersama nelayan yang digelar sejak 20-21 Mei 2024, di Aula DKP Aceh.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 nelayan di PPS Kutaraja, Lampulo tersebut untuk dilatih cara pengelolaan hasil tangkapan. Teknik penanganan ikan yang baik menjadi kunci untuk mempertahankan mutu ikan hasil tangkapan.

Sebelumnya, isu penanganan ikan yang baik diatas kapal turut mencuat menyusul fenomena melimpahnya hasil tangkapan nelayan yang terjadi di PPS Kutaraja pasca Hari Raya Idul Fitri 2024, yang mengakibatkan fluktuasi harga ikan dan menurunnya kualitas hasil tangkapan nelayan.

ADVERTISEMENTS
ACEH BESAR - HARI KESAKTIAN PANCASILA

“Maka dalam rangka menjamin mutu dan keamanan hasil perikanan, pelaku usaha, pelaku utama perikanan perlu di berikan pengetahuan teknik, cara penanganan ikan yang baik di atas kapal,” ujar dia.

Aliman mengungkapkan, dari pelatihan ini diharapkan nelayan lebih paham bagaimana menangani ikan diatas kapal sehingga mutu dan kualitas ikan lebih terjaga dan harga ikan tetap tinggi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan. []

BACA JUGA
Selama Proses Hukum, Pemerintah Aceh Fasilitasi Keluarga Almarhum Imam Masykur
ADVERTISEMENTS
DPRA - MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Artikel Terkait

Load More Posts Loading...No more posts.