TERBARU

Teknologi

TRH Ajak Masyarakat Waspada Rekam Jejak Digital di Dunia Maya

image_pdfimage_print

Orinews.id|Banda Aceh – Derasnya arus kemajuan teknologi telah memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari, berbagai bentuk kemudahan ditawarkan seperti dalam hal berkomunikasi dan mencari informasi dari mulai terkait bisnis, belanja, pekerjaan, pendidikan, pelayanan masyarakat hingga kesehatan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPR-RI, Teuku Riefky Harsya (TRH), dalam acara Ngobrol Bareng Legislator, bertajuk “Hati-hati Rekam Jejak Digital” yang digelar secara virtual zoom, Kamis (21/3/2024).

ADVERTISEMENTS
PT PEMA - PELANTIKAN ANGGOTA DPRA

Baca juga: Teuku Riefky Ajak Masyarakat Aceh Jaga Etika Digital untuk Menghindari Jeratan UU ITE

Menurut TRH, pembentukan karakter masyarakat yang cerdas, teliti, bijak dan bertanggung jawab dalam bersosial media dan memanfaatkan teknologi digital adalah pekerjaan rumah yang harus diperhatikan oleh seluruh pihak.

“Tentu kita tidak ingin derasnya arus teknologi malah memberikan banyak dampak negatif yang berujung pada turunnya produktivitas, tapi justru sebaliknya teknologi harus dapat kita manfaatkan untuk menambah daya saing bangsa,” ujar Politisi Partai Demokrat itu.

ADVERTISEMENTS
ACEH BESAR - HARI KESAKTIAN PANCASILA

TRH meyakini interaksi sosial pun menjadi sangat berbeda dengan hadirnya teknologi. Pasalnya, masyarakat sudah mulai meninggalkan cara-cara konvensional dalam bersosialisasi karena baru dianggap memberi kemudahan dan kenyamanan.

Baca juga: Penggunaan Media Sosial yang Bijak Jadi Kunci Sukses Transformasi Digital

Di sisi lain, kata dia, kemudahan yang ditawarkan oleh hadirnya teknologi didasari ataupun tidak teknologi dapat membawa dampak negatif. Setidaknya tindak kejahatan dalam dunia maya yang sering di dengar antara lain cyber build, cyber crime, cyber pornografi, online child trafficking hingga pedofilia.

BACA JUGA
Teuku Riefky: Iman Jadi Kunci Terhindar Dampak Negatif Teknologi
ADVERTISEMENTS
DPRA - MAULID NABI MUHAMMAD SAW

“Maraknya tindak kejahatan seperti ini tentu mengkhawatirkan dan menjadi alarm bagi kita bersama, maka ini perlu mendapat perhatian penting,” tutur Anggota DPR RI asal Aceh.

Di samping itu, menghadapi tantangan dalam bentuk berbagai bahaya di dunia maya, TRH mengajak semua masyarakat untuk terus fokus meningkatkan kewaspadaan berselancar di dunia maya dan terus mengelorakan semangat cerdas digital. Dengan cara kritis memilih, memilah dan menganalisa informasi yang ada sembari terus mensosialisasikan bahaya dari abainya terhadap informasi kejahatan.

Baca juga: Komisi I DPR RI Dorong Pemanfaatan Teknologi untuk Penyandang Disabilitas

“Mari kita sama-sama tingkatkan pengetahuan literasi digital dan selalu waspada terhadap potensi kejahatan di dunia maya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, TRH juga menyampaikan Komisi I DPR RI berkomitmen akan terus mendorong program-program pengembangan peningkatan kualitas generasi Indonesia dan juga pola pengasuhan generasi bangsa, dengan program-program yang mampu meningkatkan pemahaman dan wawasan anak bangsa.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Samuel Abrijani Pangerapan mengapresiasi webinar literasi digital yang diinisiasi oleh Komisi I DPR RI tersebut.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi dan inspirasi bagi masyarakat untuk lebih memahami dan menguasai teknologi digital.

“Upaya ini akan terus kami lakukan untuk mendorong kemajuan teknologi dan ekonomi bangsa, yang lebih baik dan membuka berbagai ruang bagi masyarakat Indonesia,” pungkas Samuel. []

Artikel Terkait

Load More Posts Loading...No more posts.