TERBARU

Teknologi

Penggunaan Media Sosial yang Bijak Jadi Kunci Sukses Transformasi Digital

image_pdfimage_print

Orinews.id|Jakarta – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Teuku Riefky Harsya (TRH), menekankan pentingnya penggunaan media sosial secara bijak, sebagai kunci sukses transformasi digital di Indonesia.

“Kita perlu berhati-hati dalam mengungkapkan ekspresi di media sosial,” kata TRH saat mengisi acara Ngobrol Legislator dengan tema “Cermati Praktik Scaming di Dunia Digital” yang disiarkan secara virtual, Rabu (20/3/2024).

ADVERTISEMENTS
PT PEMA - PELANTIKAN ANGGOTA DPRA

Menurutnya, media sosial dapat memberikan manfaat yang besar jika digunakan dengan tepat. Namun, ia juga mengingatkan tentang potensi kemudaratan yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan media sosial yang tidak bijak.

Dalam konteks hukum, Sekjen Partai Demokrat itu mengingatkan masyarakat tentang pentingnya memahami Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang mengatur penggunaan media sosial.

“Banyak sekali orang-orang yang terjerat hukum karena tidak bisa menggunakan media sosial dengan bijak. Makanya ini harus menjadi perhatian serius,” ujar TRH.

ADVERTISEMENTS
ACEH BESAR - HARI KESAKTIAN PANCASILA

Di sisi lain, TRH juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, khususnya kepada Ditjen Aplikasi Informatika, atas program-program inspiratif yang telah dihadirkan, termasuk webinar hari ini.

“Kami berharap kerjasama dan kolaborasi seperti ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ucapnya.

Senada dengan itu, kata TRH, Komisi I DPR RI juga akan terus mendorong pengembangan program-program yang meningkatkan kewaspadaan dan literasi digital, khususnya terkait dengan implementasi aplikasi informatika di masyarakat.

BACA JUGA
Peluncuran Sukses, SATRIA-1 akan Bergerak ke Orbit 146°BT
ADVERTISEMENTS
DPRA - MAULID NABI MUHAMMAD SAW

“Manusia yang berkualitas dengan literasi digital yang tinggi adalah kunci sukses transformasi digital di negeri ini,” tutur Anggota DPR RI asal Aceh itu.

Ia percaya bahwa generasi yang handal dan bijak akan menjadi ujung tombak dalam mewujudkan Indonesia, khususnya Aceh, yang mampu bersaing di kancah global.

Terakhir, TRH menutup dengan pesan, “Persaingan ke depan tidak menjanjikan kemudahan, namun dengan kerja keras, kedisiplinan, dan doa, InsyaAllah kita akan mampu mengubah tantangan menjadi peluang untuk masa depan yang lebih baik.”

Acara webinar ini dibuka oleh Dirjen APTIKA Kominfo RI, Samuel Abrijani, dan dihadiri oleh narasumber-narasumber terkemuka, termasuk TRH, Sekjend ISI-Aceh, Masrizal, serta CEO & Travel Influencer Mohwid, dengan Wulansari sebagai moderator. [*]

Artikel Terkait

Load More Posts Loading...No more posts.