TERBARU

Aceh

Pangdam IM Panen Puluhan Ton Jagung di Lahan Sawit PT. ASN Aceh Jaya

image_pdfimage_print

Orinews.id|Aceh Jaya – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, memanen puluhan ton jagung dalam program I’m Jagong tahun 2023 di lahan sawit PT. ASN, Desa Pasi Timon, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (15/11/2023).

Panen jagung kali ini sangat unik, karena ide brilian dari Pangdam IM, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, yang berhasil menanam jagung secara tumpang sari di lahan sawit masih dalam proses produksi.

ADVERTISEMENTS
PT PEMA - PELANTIKAN ANGGOTA DPRA

Pangdam IM mengatakan, ide tumpang sari jagung di sela-sela tanaman sawit ini terinspirasi dari kondisi lahan sawit yang masih dalam proses produksi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menanam jagung, tanpa mengganggu pertumbuhan sawit. Selain untuk mendukung program ketahanan pangan nasional, ide ini juga dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dan pegawai di lingkungan PT. ASN.

“Kita manfaatkan lahan sawit yang masih kosong, untuk menanam jagung. Ini adalah cara cerdas untuk meningkatkan produktivitas jagung, tanpa mengorbankan lahan sawit. Selain itu, ini juga dapat memberikan penghasilan tambahan bagi petani dan pegawai PT. ASN, sambil menunggu sawit berbuah,” ujar Pangdam IM.

Untuk panen jagung kali ini dilakukan pada lahan seluas 16 hektar dari 500 hektar yang sedang dalam proses tanam di wilayah perkebunan sawit PT. ASN. Sedangkan hasil panennya berkisar 6-7 ton per hektar.

ADVERTISEMENTS
BACA JUGA
LPSE Aceh Seminggu Error, Fauzan Febriansyah Desak Pj Gubernur Ganti Jajaran BPBJ
ACEH BESAR - HARI KESAKTIAN PANCASILA

“Kita berharap, metode tumpang sari ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain, sehingga dapat meningkatkan produktivitas jagung di seluruh Aceh. Kita juga berharap, produksi jagung di Aceh dapat mendorong hilirisasi industri pakan jagung, yang dapat menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh,” tutur Pangdam IM.

Turut hadir dalam kegiatan panen jagung ini, Kapoksahli Pangdam IM, Danrem 012/TU, para asisten Kasdam IM, para kabalakdam, Ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda dan pengurus, serta jajaran direksi PT. ASN beserta staf.

|Editor: Awan

ADVERTISEMENTS
DPRA - MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Artikel Terkait

Load More Posts Loading...No more posts.