Pangdam IM Perintahkan Operasi Pengamanan Kunker Wapres ke Banda Aceh

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Orinews.id|Banda Aceh – Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad), memberikan perintah operasi dalam rangka pengamanan kunjungan kerja (Kunker) Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Prof. Dr. Ma’ruf Amin, ke Banda Aceh.

Pemberian perintah operasi tersebut disampaikan pada Rapat Koordinasi pengamanan yang digelar di Makodam IM pada Rabu (5/9/2023). Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Aceh, Irjen Pol Achmad Haydar beserta Pejabat Utama Kodam IM serta Polda Aceh.

Dalam sambutannya, Pangdam IM menyampaikan pentingnya menjaga keamanan dan kelancaran kunjungan kerja Wapres ke Banda Aceh. Ia menegaskan komitmen TNI dan Polri dalam menjalankan tugas pengamanan dengan profesionalisme dan penuh tanggung jawab.

“Operasi pengamanan VVIP kunjungan kerja Wapres ini akan melibatkan personel TNI, Polri, dan unsur-unsur keamanan lainnya guna memastikan keberlangsungan acara tersebut berjalan aman dan lancar. Selain itu, upaya pencegahan dan penanggulangan potensi gangguan keamanan juga akan menjadi fokus utama dalam operasi ini,” ujarnya.

Pangdam IM menegaskan, operasi pengamanan VVIP adalah operasi yang bersifat operasi baru, walaupun telah sering digelar operasi pengamanan tersebut, namun konsep dan pola operasinya selalu diperbaharui.

Pangdam IM juga memerintahkan kepada seluruh satuan TNI-Polri, yang terlibat dalam susunan tugas pengamanan untuk terus melakukan upaya-upaya pengamanan secara gabungan dan terpadu dalam rangka menjaga stabilitas wilayah serta keamanan dan keselamatan seluruh rangkaian kunjungan kerja Wapres. [*]