TERBARU

BolaOlahraga

Ada Indonesia, Ini 5 Negara ‘Terbaik’ di Gelaran Piala AFF U-23

image_pdfimage_print

Orinews.id|Jakarta – Timnas Indonesia akan kembali berlaga pada ajang Piala AFF U-23. Edisi 2023 dari turnamen ini akan dihelat di Thailand pada 17-26 Agustus 2023 mendatang.

Dalam ajang ini, Indonesia tergabung di Grup B, bersama Timor Leste dan Malaysia. Sementara, di Grup A ada Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Sedangkan di Grup C ada Vietnam, Palestina, dan Laos.

ADVERTISEMENTS
PT PEMA - PELANTIKAN ANGGOTA DPRA

Indonesia memiliki modal ciamik untuk mengarungi ajang ini. Mereka merupakan juara edisi 2019. Selain itu, Garuda Nusantara juga merupakan salah satu tim terbaik pada ajang ini. Penentuan tim terbaik berdasar rataan poin dalam tiap laga yang mereka lakoni.

Selain Garuda Nusantara, ada sejumlah tim lain yang juga memiliki rataan poin ciamik sepanjang sejarah Piala AFF U-23 ini.

Siapa saja negara ‘terbaik’ di gelaran Piala AFF U-23? Berikut lima di antara mereka.

ADVERTISEMENTS
ACEH BESAR - HARI KESAKTIAN PANCASILA

Singapura – 1,23

Di peringkat kelima dalam daftar lima negara terbaik di Piala AFF U-23 ada nama Singapura. Sepanjang keikutsertaannya di turnamen ini, The Young Lions memiliki rataan poin sebesar 1,23.

Singapura bermain dalam tujuh laga pada dua edisi Piala AFF U-23, Dalam tujuh laga ini mereka mengoleksi sembilan laga, hasil tiga kali kemenangan dan empat kekalahan.

Urusan selisih gol, Singapura tergolong memprihatinkan. Mereka mencetak sepuluh gol dalam tujuh laga. Namun, di sisi lain, gawang mereka harus kebobolan dua kali lipatnya.

BACA JUGA
Tembus 514.000 Tiket Terjual, Piala Dunia U17 Lewati Target FIFA
ADVERTISEMENTS
DPRA - MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Prestasi terbaik Singapura pada ajang ini adalah berada di posisi runner-up. Raihan ini mereka capai pada Piala AFF U-23 edisi 2005.

Laos – 1,5

Laos berada di posisi empat dalam daftar lima negara terbaik di Piala AFF U-23. Thim Xad memiliki rataan poin sebesar 1,5 sepanjang keikutsertaan mereka di turnamen ini.

Sejauh ini, Laos bermain di enam laga dalam dua edisi Piala AFF U-23. Dalam enam laga ini, mereka mengoleksi sembilan poin, hasil tiga kali kemenangan dan tiga kali kekalahan.

Urusan mencetak gol dan kebobolan, catatan Laos bisa dikatakan seimbang. Mereka mencetak sembilan gol dan kebobolan sembilan gol.

Prestasi terbaik Laos pada ajang ini adalah menempati urutan ketiga. Catatan ini mereka torehkan pada Piala

Thailand – 2,07

Urutan ketiga dalam daftar lima negara terbaik di Piala AFF U-23 ditempati Thailand. Sepanjang keikutsertaan mereka di turnamen ini, Gajah Perang memiliki rataan poin sebesar 2,07.

Thailand bermain dalam 14 laga di tiga edisi Piala AFF U-23. Mereka mengoleksi 29 poin hasil dari sembilan kemenangan dan dua hasil imbang.

Gajah Perang pun terhitung ganas dalam mencetak gol. Sejauh ini, mereka mencetak 35 gol. Di sisi lain, gawang mereka baru kebobolan tujuh gol. Selisih 28 gol ini merupakan yang terbanyak di antara negara-negara peserta Piala AFF U-23.

Thailand merupakan negara yang selalu masuk ke partai final ajang ini. Prestasi puncak mereka adalah menjuarai Piala AFF U-23 edisi 2005.

BACA JUGA
Apresiasi Shin Tae-yong untuk Skuad Garuda

Indonesia – 2,2

Di peringkat kedua dalam daftar lima negara terbaik di Piala AFF U-23 ada nama Indonesia. Sepanjang keikutsertaan mereka di turnamen ini, Garuda Nusantara memiliki rataan poin sebesar 2,2.

Sejauh ini, Indonesia baru bermain dalam lima laga pada satu gelaran Piala AFF U-23. Garuda Nusantara mengoleksi sebelas poin dari lima laga mereka tersebut.

Untuk urusan mencetak gol, Timnas Indonesia terbilang cukup baik. Mereka mencetak delapan gol dan kebobolan empat gol dalam lima laga tersebut.

Capaian Indonesia tergolong istimewa. Dalam sekali penampilannya tersebut, Garuda Nusantara langsung menjadi juara. Selain itu, mereka juga masih memegang rekor sebagai tim yang belum kalah sama sekali pada gelaran Piala AFF U-23.

Vietnam – 2,22

Vietnam menempati posisi puncak dalam daftar lima negara terbaik di Piala AFF U-23. Para penggawa tim junior Si Bintang Emas memiliki rataan poin sebesar 2,22 sepanjang keikutsertaan mereka di ajang ini.

Vietnam, sejauh ini, tampil dalam sembilan laga pada dua edisi Piala AFF U-23. Dari sembilan laga ini, mereka mengoleksi 20 poin, hasil dari enam kemenangan dan dua hasil imbang.

Vietnam juga memiliki produktivitas gol apik. Mereka mencetak 16 gol dalam sembilan laga. Di sisi lain, gawang mereka baru bobol dua kali.

Catatan terbaik Vietnam pada Piala AFF U-23 terjadi pada edisi 2022. Waktu itu, mereka sukses meraih gelar juara.

|Sumber: Bola.net

Artikel Terkait

Load More Posts Loading...No more posts.