TERBARU

Nasional

TRH: Implementasi Nilai-nilai Luhur Pancasila Memperkuat Identitas Bangsa

image_pdfimage_print

Orinews.id|Jakarta – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya (TRH) menekankan pentingnya Pancasila sebagai ideologi bangsa, dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila harus dijadikan landasan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kehidupan bermasyarakat.

Hal itu disampaikan TRH dalam webinar bertajuk “Singkronisasi Nilai Pancasila Terhadap Budaya Masyarakat Daerah” yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (7/7/2023).

ADVERTISEMENTS
PT PEMA - PELANTIKAN ANGGOTA DPRA

“Nilai-nilai Pancasila telah dirumuskan sedekat mungkin dengan budaya masyarakat Indonesia. Sehingga mewujudkannya dalam lingkungan masyarakat merupakan keniscayaan dan akan mewujudkan kedamaian dan kemakmuran hidup berbangsa,” kata TRH, yang juga Sekjen DPP Partai Demokrat.

TRH menjelaskan, Pancasila mengandung nilai-nilai yang bisa diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa nilai-nilai tersebut, masyarakat Indonesia belum tentu memiliki pandangan atau pedoman untuk menjalankan kehidupan berbangsa bernegara.

Dia mencontohkan, setiap sila Pancasila mengandung makna yang relevan dengan budaya masyarakat daerah. Misalnya, sila pertama mengandung nilai luhur dalam kaitannya dengan Ketuhanan, keagamaan, keadilan dan kenegaraan.

ADVERTISEMENTS
ACEH BESAR - HARI KESAKTIAN PANCASILA

Sila kedua mengandung makna penghormatan terhadap orang lain dengan menanamkan dan menerapkan rasa toleransi, menghargai dan menghormati antar masyarakat tanpa membeda-bedakan. Sila ketiga mengandung makna persatuan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas golongan atau pribadi.

Sila keempat mengandung makna kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan mufakat. Sila kelima mengandung makna kesadaran bahwa manusia memiliki hak dan kewajiban yang sama di mata hukum.

BACA JUGA
Teuku Riefky: SDM Kunci Penting dalam Transformasi Budaya Digital

“Oleh karenanya, sinkronisasi nilai Pancasila terhadap budaya masyarakat daerah merupakan tugas dan kewajiban bersama. Pancasila datang dari masyarakat dan akan kembali pula ke masyarakat. Implementasi nilai-nilai luhur Pancasila akan memperkuat identitas kita sebagai bangsa dan negara dan pada akhirnya nanti menciptakan generasi yang memiliki nasionalisme tinggi dan cinta tanah air,” tutup TRH, Anggota DPR-RI asal Aceh itu.

ADVERTISEMENTS
DPRA - MAULID NABI MUHAMMAD SAW

|Reporter: Khairil Akram
|Editor: Awan

Artikel Terkait

Load More Posts Loading...No more posts.