TERBARU

Aceh

Mahasiswa Teknik Kimia USK Raih Emas di Kompetisi Internasional

image_pdfimage_print

Orinews.id|Banda Aceh – Tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) yang bernama “The Gabe Oil” berhasil meraih medali Emas di ajang International Invention Competition of Young Moslem Scientists (IICYMS) 2023 dalam kategori Environmental Science.

Kompetisi internasional ini diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati bekerjasama dengan Indonesia Youth Scientists Association (IYSA). Kompetisi yang diikuti oleh 321 tim dari 14 negara ini dilaksanakan sejak 14 April hingga 26 Mei 2023 dengan beberapa tahapan seleksi yang dilakukan.

ADVERTISEMENTS
PT PEMA - PELANTIKAN ANGGOTA DPRA

Tim The Gabe Oil berhasil meraih medali emas melalui konsep inovasi pemanfaatan limbah jerami menjadi glukosa melalui proses hidrolisis. Konsep inovatif ini mereka rumuskan untuk menghindari potensi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah Jerami. Jerami padi yang biasanya dibakar begitu saja oleh petani dapat diolah menjadi produk yang bernilai ekonomis dan fungsional.

“Melihat banyaknya limbah jerami yang masih tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga mencemari lingkungan, kami berinisiatif untuk mengemukakan ideyang berguna bagi petani untuk mengolah limbah jerami tersebut sehingga menghasilkan produk yang bernilai ekonomis,” ujar Farras Rolanda Nasri, Ketua tim The Gabe Oil.

Dalam merealisasikan hal tersebut, tim The Gabe Oil melakukan berbagai kajian dengan melakukan penelitian, menghimpun data, dan mengkaji referensi-referensi yang relevan untuk menyusun suatu konsep inovasi yang bermanfaat bagi petani.

ADVERTISEMENTS
ACEH BESAR - HARI KESAKTIAN PANCASILA
BACA JUGA
Polda Aceh Telusuri Legalitas Material Proyek Tanggul Sungai Lambeusoi Aceh Jaya

Inovasi yang diusung oleh tim The Gabe Oil mendapat sambutan yang sangat baik dari dewan juri pada saat mempresentasikan hasil kerja mereka.

“Alhamdulillah, inovasi yang kami kemukakan oleh dewan juri dikatakan sebagai ‘The Best Innovation‘,” kata Abrisam Luthfil Hadi, salah satu anggota tim The Gabe Oil.

Dosen pembimbing dalam kompetisi tersebut, Prof. Yunardi, menyatakan sangat bangga dengan perolehan prestasi yang diraih oleh mahasiswa-mahasiswa bimbingannya tersebut.

ADVERTISEMENTS
DPRA - MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Teknik, USK Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng., sangat mengapresiasi prestasi yang sudah diraih dan memuji alasanyang mendasari mengangkat topik tersebut karena sangat tepat dan brilian.

Ketersediaan limbah jerami yang melimpah memang belum dimanfaatkan secara optimal walaupun limbah biomass ini memiliki potensi untuk dikonversikan menjadi berbagai produk bernilai ekonomis, salah satunya glukosa. Hal ini juga menjadi kepedulian dan antusias dari pihak Fakultas Teknik yang sejak awal membantu dan menfasilitasi mereka mewujudkan keinginan untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Sementara itu, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan, menyampaikan apresiasi atas capaian mahasiswa Jurusan Teknik Kimia tersebut yang telah mengharumkan nama Fakultas Teknik dan Universitas Syiah Kuala.

“Selamat untuk prestasi yang mengharumkan nama Fakultas Teknik, semoga karya mahasiswa USK bisa terus dikembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Prestasi yang diraih oleh tim mahasiswa Fakultas Teknik USK tersebut merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa Indonesia mampu bersaing dengan mahasiswa dari negara lain di kancah internasional. Selamat dan sukses untuk The Gabe Oil dan Universitas Syiah Kuala. Semoga prestasi ini dapat memacu mahasiswa Indonesia lainnya untuk terus berinovasi dan berprestasi demi kemajuan bangsa dan negara. []

Artikel Terkait

Load More Posts Loading...No more posts.