Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Sekda Aceh Hadiri Musrenbangnas RPJPN di Bali, Ini Isi Pembahasannya

Wajib Baca

spot_img
spot_img

Orinews.id|Bali – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Bustami Hamzah, didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh T. Ahmad Dadek menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2024-2045 di Bali Nusa Dua Convention Center.

Mengusung visi Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan, RPJPN 2024-2045 menuangkan target dan sasaran pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa pada Senin (22/5/2023).

“Rerancangan RPJPN diharapkan bisa menjadi penentu arah pembangunan jangka panjang Indonesia menuju 2045,” kata Suharso Monoarfa saat menyampaikan pidato pembuka kegiatan.

Dia menjelaskan sejauh ini Pemerintah berharap dokumen RPJPN bisa ditetapkan pada September mendatang. Meski proses penyusunan rancangan awal telah dilakukan sejak jauh hari.

“Namun tetap dengan mengedepankan berbagai pertimbangan salah satunya pertimbangan dengan menyesuaikan tantangan global ke depan,”ujarnya.

Hal ini diminta lantaran di era globalisasi telah terjadi perubahan yang begitu cepat di berbagai bidang sehingga setiap komponen harus disesuaikan.

“Jadi untuk 20 tahun ke depan yang penting adalah bagaimana kita menyesuaikan pembangunan global ini dengan cara-cara yang telah disusun pemerintah,”ujarnya.

Diantaranya, mendorong kebijakan pro lingkungan, adaptasi teknologi, pembangunan infrastruktur berkonektivitas kawasan yang hijau serta penggunaan sistem digital.

“Ini bertujuan untuk mensinkronkan perencanaan secara vertikal dan horizontal, mensinergikan perencanaan wilayah dan sektoral serta mengintegrasikan perencanaan lintas sektor dan antar daerah,”ujarnya.

Pada kesempatan ini juga dibahas lima sasaran visi Indonesia 2045 yang didalamnya yakni, Pendapatan Perkapita Setara Dengan Negara Maju, Daya Saing Perkapita Meningkat, Kemiskinan Menuju Nol Persen dan Ketimpangan Berkurang, Intesitas Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Menuju Net Zero Emission.

Sementara itu Sekda Aceh Bustami menyambut baik paparan dan arahan yang disampaikan Menteri Bappenas/PPN.

Menurutnya semua yang di sampaikan adalah ide-ide bagus untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Bustami pun telah merangkum seluruh pembahasan dalam kegiatan tersebut dan nantinya akan menjadi masukan bagi pembangunan Aceh nantinya.

“Tentunya yang disampaikan Bapak Menteri ini akan menjadi salah satu masukan bagi pembangunan Aceh ke depannya,” katanya.[*]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Desa di Kawasan IKN Akan Berubah Status Jadi Kota

Orinews.id|Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan desa di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -