Fadhullah: Media Sosial Efektif Tingkatkan Penjualan UMKM di Era Digital

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Orinews.id|Sabang – Komisi I DPR RI bekerja sama dengan Bakti Kominfo mengadakan webinar seminar merajut nusantara dengan tema “pemanfaatan media sosial sebagai sarana peningkatan UMKM” yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis, 11 Mei 2023.

Dalam seminar tersebut, Fadhullah, SE, anggota Komisi I DPR RI memaparkan bahwa media sosial menjadi alat baru di era digital untuk memasarkan produk UMKM dengan mudah.

Menurut Fadhullah, berjualan dengan e-commerce maupun melalui media sosial dapat meningkatkan pendapatan dan memudahkan transaksi bagi konsumen dan pelaku UMKM.

“Penjualan melalui platform digital, jika digunakan dengan tepat, akan sangat membantu untuk menggapai pasar baru sehingga mampu menekan biaya,” ujarnya.

Selain itu, kata Fadhullah, pelaku UMKM juga dapat meyakinkan konsumen melalui fitur dari platform digital seperti ulasan, harga, foto, dan lain sebagainya.

“Dengan menggunakan platform digital, UMKM juga dapat menekan biaya tempat/lokasi toko yang mana tidak mengharuskan pelaku usaha untuk mempunyai toko yang tangible,” tuturnya.

Sementara itu, Woro Indah Widiastuti, MT, wakil ketua bidang komunikasi advokasi dan informasi Kwartir Daerah Pramuka DKI Jakarta yang juga bergabung dalam seminar tersebut, mengatakan bahwa media sosial untuk UMKM adalah alat yang memfasilitasi setiap kegiatan usaha melalui internet.

“Pemanfaatan media sosial oleh UMKM adalah sebagai alat berkomunikasi dengan pelanggan, promosi, market research, support dan customer service, serta memantau kompetitor,” kata Woro.

Kemudian, Muhammad Riza Nurdin, PhD, sebagai peneliti Asia-Japan Research Institute, Ritsumeikan University, Jepang, menjelaskan bahwa beberapa cara untuk memaksimalkan media sosial adalah dengan konsisten mem-posting produk, membuat vibe yang menyenangkan pada produk, mengetahui profil pelanggan, dan mempermudah market mendapatkan produk.

“Langkah-langkah di atas akan memberikan informasi dan feedback dari konsumen sehingga dapat tergambar lebih jelas posisi usaha kita dengan kompetitor,” ujarnya.

Namun, Riza Nurdin juga menekankan bahwa percepatan transformasi digital di era pandemi pasti berkaitan dengan pengguna internet. Media sosial dan platform e-commerce tidak luput dari perhatian pengguna internet.

“Walaupun manfaat internet terutama di bidang ekonomi dan fintech sangat baik, akan tetapi pengguna tidak luput dari risiko saat menggunakannya. Skimming, penipuan, dan penjualan data pribadi menjadi risiko yang harus dihadapi,” pungkasnya.

Acara diakhiri dengan ajakan kepada seluruh pelaku UMKM Aceh, bahwa harus yakin jika usaha yang keras di era digital pasti akan membawa dampak baik kedepannya. Dalam era digital, pelaku UMKM harus memanfaatkan media sosial dengan baik agar dapat meningkatkan usahanya tanpa harus menambah biaya tempat/lokasi toko. [*]