Minggu, April 21, 2024
spot_img

Kahubdam IM Gelar Kerja Bakti Cagar Budaya Makam Kuno Era Kerajaan Aceh

Wajib Baca

Orinews.id|Aceh Besar – Bersinergi bersama dengan Komponen Bangsa lainya Kahubdam Iskandar Muda Kolonel Chb Jun H. Mastra dan Personel Hubdam IM melakukan kegiatan kerja bakti Jum’at Bersih dan Peduli dengan membersihkan komplek makam peninggalan sejarah era Kerajaan Aceh di Gampong Ajuen Laksamana, Kecamatan, Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Jum’at (5/5/2023).

Kegiatan ini merupakan kesinambungan dari kerja bakti yang telah dilaksanakan Hubdam IM di beberapa makam peninggalan sejarah era Kerajaan Aceh wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar saat beberapa waktu yang lalu.

Mengawali kegiatan ini Kahubdam IM memberikan arahan tentang mekanisme dan tata cara pembersihan serta penataan makam. Kemudian para personel dan peserta kegiatan langsung melakukan pembersihan di area pemakaman dengan memotong semak belukar dan rumput yang menutupi area makam tersebut.

Setelah terlihat bersih kemudian dilakukan pendataan dan pendokumentasian tentang makam yaitu meliputi kondisi awal makam, posisi batu nisan dan jumlah batu nisan. Dilanjutkan menegakkan dan membersihkan nisan sesuai dengan posisi letak awalnya.

Kahubdam IM Kolonel Chb Jun H. Mastra menenyampaikan kegiatan meuseuraya kerja bakti Jum’at Bersih ini merupakan upaya Hubdam IM untuk membangun sinergitas bersama elemen masyarakat dengan menggelar kerja bakti membersihkan Makam Kuno peninggalan sejarah di wilayah Aceh, sehingga makam-makam kuno tersebut bisa kelihatan terawat dan rapi. Diharapkan masyarakat sekitar bisa terus melanjutkan kegiatan ini. Dengan demikian dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan selalu mengingat akan sejarah peradaban Kerajaan Aceh di masa lampau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapendam IM, Camat Peukan bada, Keuchik gampong Ajuen, Balai pelestarian Kebudayaan Wil 1 Aceh, BPBA, Maspesa, Satpol PP provinsi Aceh, Kapolsek, Disdikbud Aceh besar, Babinsa dan para Anggota Hubdam IM. [*]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

Petani Terdaftar Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi di Kios Resmi

Orinews.id|Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa pupuk bersubsidi sudah bisa ditebus.
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -