Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Arus Penyeberangan Ulee Lheue -Balohan Membeludak

Wajib Baca

spot_img
spot_img

Orinews.id|Banda Aceh – Arus penyeberangan orang maupun kendaraan dari Banda Aceh ke Sabang atau Ulee lheu – Balohan, membeludak sejak hari ke dua lebaran Idul Fitri 1444 H. Area parkir kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue pun sudah terisi penuh oleh kendaraan.

“Mulai kemarin (Minggu/23/4/2023) sudah terjadi peningkatan, dan hari ini peningkatannya juga sangat signifikan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal saat memantau langsung pelayanan transportasi penyeberangan di Pelabuhan Ulee Lheue, Senin, 24 April 2023.

Teuku Faisal menyebutkan, pergerakan pengguna jasa sebelum hari raya Idul Fitri sekitar seribuan penumpang tiap harinya. Sedangkan pada hari kedua lebaran mulai membeludak mencapai 3.821 orang.

“Peningkatannya mencapai 300 persen lebih. Tapi tidak terjadi selalu, hanya saat momen lebaran atau libur panjang seperti ini,” sebutnya.

Terkait masa puncak pergerakan orang ke Sabang, Teuku Faisal memprediksi akan terjadi pada hari ini dan Selasa besok, atau pada H+1 dan H+2 lebaran.

Mengenai kondisi pelayanan di Pelabuhan Ulee Lheue, Teuku Faisal menyebutkan bahwa kantong-kantong parkir yang ada sudah dipenuhi kendaraan.

“Sebagian ada kendaraan yang mengantar, sebagian lagi ada yang parkir inap di sini, dan kita memang menyediakan fasilitas itu,” sebutnya.

Teuku Faisal juga membeberkan beberapa strategi Dishub Aceh dalam merekayasa lalu lintas kendaraan di area pelabuhan agar tidak terjadi kemacetan. Di antaranya, mengatur sirkulasi kendaraan, baik kendaraan yang akan menyeberang, kendaraan parkir inap, hingga kendaraan orang yang mengantar, serta memanfaatkan jalur di luar area pelabuhan sebagai buffer zone (zona penyangga) untuk antrean kendaraan yang akan naik ke kapal.

“Jadi strategi kita, karena area parkir di dalam sudah penuh, untuk kendaraan yang akan menyeberang kita manfaatkan jalur di luar pelabuhan sebagai buffer zone. Begitu yang di dalam sudah naik ke kapal, baru kendaraan yang di luar masuk ke pelabuhan,” ungkap Teuku Faisal.

Sementara itu, terkait puncak arus balik dari Sabang ke Banda Aceh, saat ini belum bisa diprediksi secara pasti mengingat masa liburan masih panjang hingga Senin depan.

“Cuti bersama memang sampai hari Selasa, dan Rabu sudah masuk kerja, sedangkan anak-anak masih libur sekolah, jadi mungkin masih pada stay di Sabang dulu, tapi mulai besok sebagian sudah ada yang balik,” ungkapnya.

Seluruh fasilitas yang tersedia di pelabuhan, kata Teuku Faisal, kini juga sudah bisa dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan dengan baik, seperti ruang tunggu yang nyaman, konter tiket yang terpusat, automatic gate untuk penumpang, fasilitas cashless untuk pembayaran retribusi, serta shelter antrean kendaraan roda 2 yang lebih nyaman.

“Kita juga menyediakan layanan pengecekan kesehatan secara gratis dari PT Jasa Raharja Cabang Aceh di pelabuhan,” tutur Teuku Faisal.

Masyarakat dan wisatawan juga bisa memanfaatkan tenda darurat milik Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) untuk istirahat sembari menunggu jadwal keberangkatan. [*]

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Desa di Kawasan IKN Akan Berubah Status Jadi Kota

Orinews.id|Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan desa di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -