Minggu, April 21, 2024
spot_img

Dispora Aceh Tinjau Kesiapan Aceh Timur sebagai Tuan Rumah POPDA 2024

Wajib Baca

Orinews.id|Banda Aceh – Tim Dispora Aceh meninjau kesiapan venue di Aceh Timur, yang rencananya akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke – XVII tahun 2024 di Kabupaten Aceh Timur.

Tim Dispora Aceh yang berkunjung ke Aceh Timur tersebut yakni Muksalmina SPd atau Pak Mex selaku ketua tim, Drs T Armansyah MNLP, CHt, CI sebagai sekretaris tim verifikasi faktual calon tuan rumah POPDA ke XVII tahun 2024 beserta anggota.

Mereka disambut oleh Kadis Parpora Aceh Timur, Syahril SSTP, MAP, dan Ketua Umum KONI Aceh Timur, Dr Firman Dandi SE, MSI, Sabtu (8/4/2023).

Adapun venue yang ditinjau yakni lapangan tenis, basket, voli dan sepak takraw yang terletak diluar gedung Idi Sport Center (ISC), sedangkan venue didalam ISC yang ditinjau yakni, lapangan bulu tangkis, tenis meja, pencak silat, karate dan taekwondo.

Selanjutnya, untuk cabang olahraga atletik dan panahan berada di lapangan pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, serta untuk cabor sepak bola tim mengunjungi stadion Mon IX Idi. Selain itu juga tim mengunjungi beberapa sekolah untuk tempat pemondokan atlet.

Ketua Tim Verifikasi Faktual POPDA, Muksalmina SPd atau Pak Mex mengatakan pada tahun 2022 lalu dua kabupaten kota yang diajukan sebagai tuan rumah POPDA ke-XVII tahun 2024 yakni Kota Sabang dan Kabupaten Aceh Timur.

Tim Dispora Aceh Tinjau Kesiapan Aceh Timur sebagai Tuan Rumah Popda 2024.
Turnamen Basket Piala Kadisppora CUP 2023 Ajang Menjaring Bakat.

“Namun Kota Sabang telah mengundurkan diri dari calon tuan rumah, sehingga saat ini hanya satu kandidat saja yang tersisa sebagai calon tuan rumah POPDA yaitu Aceh Timur, dan hasil peninjauan kita ke venue di Aceh Timur kondisi sarana dan prasarana cabang olahraga untuk pelaksanaan POPDA sudah baik, walau harus ada beberapa yang perlu direhab kembali,” ungkap Muksalmina.

Selain itu, lanjut Pak Mex, venue untuk cabang olahraga atletik yang harus dibangun dari awal karena belum tersedianya trek dan nomor lapangan cabang olahraga atletik.

“Insya Allah sekembalinya ke Banda Aceh akan ditindaklanjuti agar segera diterbitkannya SK Gubernur untuk penetapan tuan rumah POPDA tahun 2024,” cetus Pak Mex.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupten Aceh Timur Syahril SSTP, MAP, mengatakan sejauh ini Aceh Timur sangat siap untuk menjadi tuan rumah Pelaksanaan POPDA ke XVII tahun 2024.

Pengajuan Aceh Timur sebagai tuan rumah POPDA, jelas Syahril, telah dilakukan pada Juli 2022 lalu atas dorongan Bupati Aceh Timur H Hasballah bin HM Thaib (masa pengajuan) melalui mekanisme yang telah ditetapkan oleh BAPOPSI.

Karena itu, sejauh ini Aceh Timur telah melakukan persiapan untuk menyukseskan menjadi tuan rumah dan meraih prestasi maksimal. “Mudah-mudahan Aceh Timur juga dapat ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan POPNAS tahun 2025,” harap Syahril.

Sementara itu, Ketua KONI Aceh Timur, Dr Firman Dandi SE MSi mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas kunjungan tim verifikasi faktual tuan rumah POPDA di Kabupaten Aceh Timur,

“Selaku Ketua KONI kami siap mendukung Disparpora Aceh Timur, untuk pelaksanaan POPDA ke XVII tahun 2024 dan mengerahkan pengurus cabang olahraga yang dipertandingkan di POPDA dan mengupayakan atlet untuk dapat meraih prestasi yang maksimal,” ungkap dr Dandy.

Sosok Inspiratif Peduli Kemajuan Daerah ini, mengatakan, POPDA adalah momentum dan akselerasi terbaik setelah 10 tahun yang lalu dipercayakan sebagai tuan rumah PORA. “Ajang POPDA ini juga merupakan salah satu peningkatan ekonomi masyarakat.

Mudah-mudahan Aceh Timur sukses melaksanakan kejuaran POPDA yang menjadi dasar penunjukan tuan rumah POPNAS di tahun 2025 nanti,” cetus Direktur Lentera Meuriya Center (LMC) ini.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

Petani Terdaftar Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi di Kios Resmi

Orinews.id|Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa pupuk bersubsidi sudah bisa ditebus.
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -