Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Kenalkan Puasa ke Anak-anak, IGTKI Jaya Baru-Meuraxa Banda Aceh Gelar Tarhib Ramadhan

Wajib Baca

Orinews.id|Banda Aceh – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) PGRI Kecamatan Jaya Baru Meuraxa menggelar kegiatan Tarhib Ramadhan di lingkungan Mesjid Baitul Musyahadah, Banda Aceh, Rabu (15/3/2023).

Kegiatan ini diikuti 600 murid TK yang ada di lingkup Kecamatan Jaya Baru dan Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

“Barang siapa yang gembira dengan datangnya bulan Ramadhan Allah haramkan tubuhnya masuk kedalam Neraka, itulah hadits nabi yang populer di kalangan ummat, yang menujukkan kemuliaan bulan Ramadhan, sampai-sampai berbahagia menyambutnya saja sudah mendapatkan imbalan,” ungkap Ketua IGTKI PGRI Kecamatan Jaya Baru-Meuraxa, Elvinar S.Pd.I,M.Pd dalam keterangannya kepada media.

Para murid TK di lingkup Kecamatan Jaya Baru-Meuraxa sedang mengikuti Tarhib Ramadhan yang digelar IGTKI di Masjid Baitul Musyahadah, Rabu, 15 Maret 2023. |FOTO: for Orinews.

Ia menjelaskan Tarhib Ramadhan merupakan rangkaian kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan yang dilakukan dengan parade tarhib, dimana anak anak berjalan dan membawa poster tentang sukacita di bulan yang penuh berkah tersebut.

“Tarhib Ramadhan ini bertujuan mensyiarkan kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan sejak dini, dan mengenalkan tentang berpuasa kepada anak-anak,” tambah Elvinar.

lebih lanjut, Kepala Sekolah TK Save The Kids Banda Aceh itu mengatakan kegiatan Trahib Ramadhan 1444 Hijriyah ini adalah salah satu cara menyambut bulan suci Ramadhan yang dikemas dengan dunia “seru”nya anak-anak.

“Sehingga dengan kegiatan tersebut mereka mudah memahami dan menerima bahwa menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan merupakan sebuah kebaikan,” tutur Elvinar.

Kabid Paud dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh didampingi Ketua IGTKI Jaya Baru-Meuraxa, Ibu Pengawas TK, dan Bunda Paud melakukan penabuhan rabana saat pembukaan kegiatan Tarhib Ramadhan, Rabu, 15 Maret 2023. |FOTO: for Orinews.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut para murid melakukan parade berjalan santai berkelompok menyusuri jalan-jalan di sekitar lingkungan Masjid Baitul Musyahadah. Para murid membawa sejumlah poster yang bertuliskan “Marhaban Ya Ramadhan”, “Yuk Berpuasa” dan lain sebagainya. Sementara para guru mengkondisikan para murid agar benar-benar ceria jelang Ramadhan, dan sekaligus mengingatkan kepada para murid bahwa bulan Suci akan segera tiba.

Acara tersebut dibuka oleh Kabid Paud dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh yang ditandai dengan penabuhan rebana. Turut hadir, Ibu Pengawas TK, Bunda Paud Kecamatan Jaya Baru-Meuraxa serta organisasi mitra IGTKI. []

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

Keterwakilan Perempuan di Pilkada Aceh 2024, Begini Kata Raihal Fajri

Orinews.id|Banda Aceh - Dalam wawancara eksklusif dengan orinews, aktivis perempuan yang juga Direktur Katahati Institute, Raihal Fajri
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -