Sabtu, April 20, 2024
spot_img

MPU Aceh Bentuk Wadah Solidaritas Bantu Turki

Wajib Baca

Orinews.id|Banda Aceh – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menginisiasi pembentukan Solidaritas Aceh-Turki (Satu) untuk menggalang bantuan kepada korban gempa Turki-Suriah.

Pembentukan Satu tertuang dalam Keputusan Ketua MPU Aceh No: 451.7/073/2023 yang diteken Tgr. H. Faisal Ali pada Kamis (17/2/2023).

Ada beberapa ormas yang tergabung di Satu di antaranya Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI), Dompet Dhuafa, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh, ASAR Humanity Aceh, dan ISAD Aceh.

Pembentukan Satu untuk menindak lanjuti Surat Edaran Gubernur Aceh terkait donasi Aceh untuk Turki pasca gempa bumi mengguncang negara tersebut. Selain itu, pemerintah dan masyarakat Turkiye telah membantu Aceh saat musibah gempa dan tsunami 2004 lalu.

“Pengurus Aceh Solidaritas Aceh-Turki (Satu) bertugas: mencari dana atau sumbangan untuk korban gempa Turki; mengkoordinir dan mengajak masyarakat Aceh untuk berdoa bersama untuk korban gempa Turki; membentuk posko bantuan,” demikian surat keputusan tersebut.

Dalam surat keputusan itu, pembentukan Satu dilatar belakangi gempa bumi M7,8 di Turki dan Suriah yang menelan ribuan korban jiwa. Satu lalu dibentuk untuk mengkoordinir semua bantuan kemanusiaan yang berasal dari masyarakat Aceh untuk dikirim ke Turki.

“Para pengurus Satu dalam menjalan tugas bertanggung jawab kepada Ketua MPU Aceh,” demikian bunyi Surat Keputusan tersebut. []

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

Keterwakilan Perempuan di Pilkada Aceh 2024, Begini Kata Raihal Fajri

Orinews.id|Banda Aceh - Dalam wawancara eksklusif dengan orinews, aktivis perempuan yang juga Direktur Katahati Institute, Raihal Fajri
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -