Minggu, April 21, 2024
spot_img

TRH: Pelaku UMKM Harus Bangkit Tingkatkan Minat Literasi Digital

Wajib Baca

Orinews.id|Banda Aceh – Wakil Ketua Komisi I DPR-RI, Teuku Riefky Harsya (TRH) meminta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus segera bangkit untuk meningkatkan minat literasi digital dalam upaya mendigitalisasi bisnisnya.

“Para pelaku UMKM yang masih ragu untuk mendigitalisasi bisnisnya harus segera bangkit mempersiapkan peningkatan minat literasi digital,” kata TRH saat menjadi narasumber pada acara Webinar “Ngobrol Bareng Legislator” dengan tema “Literasi Kecakapan Digital: Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM” yang dilaksanakan secara online dan offline di Gedung Seni Budaya, Aceh Singkil, Minggu, 12 Februari 2023.

Wakil Ketua Komisi I DPR-RI saat tampil sebagai narasumber pada acara webinar “Ngobrol Bareng Legislator” dengan tema “Literasi Kecakapan Digital: Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM” yang dilaksanakan secara online dan offline di Gedung Seni Budaya, Aceh Singkil, Minggu, 12 Februari 2023.|FOTO: Ist.

Dijelaskan, literasi digital adalah kemampuan memanfaatkan media digital yang harus dimiliki oleh berbagai kalangan, salah satunya tentu adalah para pelaku UMKM. Dengan literasi digital masyarakat dapat menambah pengetahuan tentang teknologi, dan pelaku UMKM dapat meningkat produktifitas dan nilai tambah produk maupun secara service yang ditawarkan.

Umumnya, lanjut TRH, pelaku UMKM merasa tidak nyaman berada di zona digital, terlebih ketika mereka melakukan transaksi secara digital. Namun demikian, pelaku UMKM harus beradaptasi dengan perkembangan industri 4.0 saat ini, tentunya dengan meningkatkan minat literasi digital.

Para peserta saat mengikuti acara webinar “Ngobrol Bareng Legislator” dengan tema “Literasi Kecakapan Digital: Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM” yang dilaksanakan secara online dan offline di Gedung Seni Budaya, Aceh Singkil, Minggu, 12 Februari 2023.|FOTO: Ist.

“Sejumlah penerapan literasi digital yang masih bisa dilakukan antara lain, penggunaaan media sosial untuk mempromosikan bisnis, menggunakan aplikasi untuk membuka toko online, dan aktivitas digital lainnya,” sebutnya.

Selain itu, kata dia, para pelaku UMKM dapat juga meningkatkan kesadaran mengenai efektifitas, efisiensi dan keunggulan lainnya yang didapatkan dari penggunaaan teknologi yang telah dipelajari, sehingga terwujudnya kesadaran dan kemampuan berdigitalisasi.

Menurut Sekjen DPP Partai Demokrat itu, peran literasi digital cukup penting saat ini, karena juga berkaitan dengan kesadaran masyarakat untuk lebih melek teknologi, dan dapat membantu dalam upaya melakukan digitalisasi UMKM.

Andromeda Mercury saat tampil sebagai narasumber pada acara webinar “Ngobrol Bareng Legislator” dengan tema “Literasi Kecakapan Digital: Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM” yang dilaksanakan secara online dan offline di Gedung Seni Budaya, Aceh Singkil, Minggu, 12 Februari 2023.|FOTO: Ist.

“Makanya Pemerintah ingin mencapai target sebesar 30 juta pelaku UMKM yang memasuki ekosistem digital pada tahun 2024 mendatang,” sebut Anggota DPR-RI asal Aceh itu.

Berdasarkan Penelitian dari Center for Indonesia Policy Studies (CIPS) menyatakan bahwa masih rendahnya pengetahuan dan kemampuan penggunaan layanan digital para pelaku UMKM dapat mempengaruhi minimnya UMKM yang sudah dapat go digital.

“Karena itu, kami di Komisi I DPR-RI terus mendorong Kemkominfo untuk fokus mengembangkan program peningkatan, pemahaman dan wawasan anak bangsa terkait peningkat skill dan kemampuan digital, khususnya bagi pelaku UMKM,” ujar TRH.

Pengusaha UMKM Kautar Fairuzi bersama moderator, Reny Risty saat tampil sebagai pada acara webinar “Ngobrol Bareng Legislator” dengan tema “Literasi Kecakapan Digital: Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM” yang dilaksanakan secara online dan offline di Gedung Seni Budaya, Aceh Singkil, Minggu, 12 Februari 2023.|FOTO: Ist.

TRH juga memberikan apresiasi kepada Kemkominfo khususnya Ditjen APTIKA yang secara konsisten menghadirkan program program inspiratif, terutama dalam rangka mengisi pembangunan nasional dan mencerdaskan anak bangsa, yang salah satunya seperti program webinar hari ini.

“Kami berharap agar kerjasama dan kolaborasi yang baik antara Kemkominfo dan DPR-RI kiranya dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya,” demikian harap Wakil Ketua Komisi I DPR-RI itu.

Untuk diketahui, acara webinar tersebut turut menghadirkan narasumber cakap di bidangnya, yaitu, Pengusaha UMKM, Kautsar Fairuzi dan Key Opinion Leader, Andromeda Mercury. []

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

Petani Terdaftar Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi di Kios Resmi

Orinews.id|Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa pupuk bersubsidi sudah bisa ditebus.
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -