Sabtu, April 13, 2024
spot_img

3 Keutamaan Infaq Bagi Umat Islam

Wajib Baca

spot_img
spot_img

Orinews.id – Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam adalah infaq. Infaq sendiri secara etimologi berasal dari kata anfaqa yang berarti membelanjakan harta atau uang.

Sedangkan secara terminologi infaq berarti mengeluarkan sebagian harta untuk kepentingan yang diperintahkan dalam Islam. Salah satu contohnya adalah membantu orang yang sedang terkena musibah, membantu operasional masjid, membantu fakir miskin, dan membantu anak yatim piatu.

Oleh karena itu, kita sebagai umat islam wajib mengetahui apa saja keutamaan dari melaksanakan infaq.

Berikut tiga keutamaan infaq bagi seorang muslim yang wajib kita ketahui:

1. Infaq sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT

Allah memerintahkan umatnya untuk menunaikan infaq. Hal ini tercantum dalam QS. Al-Baqarah ayat 267 berikut:

“Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji.” (QS Al-Baqarah:267).

Berdasarkan ayat tersebut apabila kita menunaikan infaq berarti kita telah melakukan perintah-Nya.

2. Sebagai jalan untuk melipat gandakan pahala

Berdasarkan QS. Al-Baqarah ayat 261, Allah menjanjikan akan melipatgandakan pahala bagi umatnya yang menginfakkan hartanya di jalan Allah. Untuk itu, sebagai seorang muslim salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan tabungan pahala kita adalah dengan cara berinfak.

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui. (QS Al-Baqarah:261).

3. Memudahkan rezeki datang

Dengan berinfak, Allah Swt menjanjikan kepada hamba-Nya berupa kemudahan rezeki dengan mengganti harta yang telah diinfakkan. Hal ini tercantum dalam Alquran QS. Saba ayat 39, Allah Swt berfirman:

Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik. (QS. Saba:39).

Sebagai seorang muslim tentu saja akan lebih baik apabila kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satu amalan yang dapat dilakukan untuk berbuat kebaikan adalah dengan cara berinfak.

|Sumber: suaracom

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU

Desa di Kawasan IKN Akan Berubah Status Jadi Kota

Orinews.id|Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan desa di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA LAINNYA

- Advertisement -